Pertimbangan untuk Memilih Kost atau Apartemen Bagi Mahasiswa

Di era modern seperti ini, para mahasiswa yang kuliah di daerah rantau tak jarang yang memilih tinggal di apartmen. Banyak apartemen yang kini dibangun di dekat lokasi kampus dan menawarkan fasilitas mewah bagi mahasiswa. Alhasil, posisi rumah kost sebagai hunian sementara paling ideal bagi mahasiswa rantau semakin tergeser.

Di tengah maraknya pembangunan apartemen, nyatanya masih banyak pula mahasiswa yang mencari info kost karena masih ingin tinggal di rumah kost dibandingkan tinggal di apartemen. Sebenarnya apa saja perbedaan antara tinggal di rumah kost dengan tinggal di apartmen? Lantas hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih antara rumah kost dengan apartemen? Berikut informasi selengkapnya.

Pertimbangan untuk Memilih Kost atau Apartemen Bagi Mahasiswa

1. Dari Segi Biaya

Ditilik dari segi biaya, sudah tentu tinggal di apartemen membutuhkan biaya yang lebih mahal. Biaya tinggal di apartemen yang disewakan secara bulanan pun bisa mencapai jutaan rupiah. Jika ingin irit biaya, tinggal di rumah kost memang lebih hemat. Di kota besar seperti Jakarta, beberapa info kost Jakarta berani mematok harga kurang dari 1 juta rupiah per bulannya untuk sewa kamar kost. Harga ini bahkan beberapa sudah termasuk biaya listrik dan air. Kalau di apartemen, biaya listrik, air, parkir, dan lain sebagainya biasanya belum dimasukkan dalam biaya sewa per bulannya. Alhasil, jumlah uang yang harus dibayar per bulannya pasti semakin banyak.

2. Dari Segi Fasilitas

Tinggal di apartemen memang memberikan fasilitas yang tampak wah. Di komplek apartemen biasaya fasilitas umumnya lebih lengkap. Ada lahan parkir yang lebih luas, taman bermain, hingga kolam renang. Namun, jika teliti mencari, sebenarnya banyak juga rumah kost yang memberikan fasilitas mewah semacam ini, apalagi kost exclusive. Banyak kost yang sudah full AC, dilengkapi dengan TV dan kamar mandi dalam, serta menyediakan fasilitas umum setara hotel berbintang. Kalau kamu memang tak terlalu butuh fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen, sepertinya tinggal di rumah kost akan lebih menguntungkan.

3. Dari Segi Isi Kamar

Mahasiswa baru banyak yang tak ingin ribet saat pindahan ke hunian barunya di kota rantau. Mereka yang berasal dari daerah yang jauh tentunya tidak mau repot-repot membawa furnitur sendiri dan perabotan sendiri untuk dimasukkan ke kamar kost atau apartemen. Karenanya, mereka lebih memilih kost atau apartemen yang sudah full perabot. Sayangnya, belum banyak apartemen yang  disewakan lengkap dengan perabotan. Jika ada pun, harganya sangat mahal. Hal ini lain dengan kamar kost. Banyak infokost yang menawarkan kamar kost dengan fasilitas lengkap seperti sudah ada tempat tidur, lemari, meja, dan kursi di dalam kamar. Untuk menghindari repot, lebih baik pilih yang seperti ini, kan? Harganya juga lebih terjangkau.

4. Dari Segi Lokasi

Banyak apartemen yang kini sedang dibangun di dekat-dekat kampus. Namun, semakin strategis lokasi apartemen, harganya juga semakin mahal. Lain dengan rumah kost, banyak info kost Jakarta atau kota-kota lainnya yang menawarkan sewa rumah kost di dekat kampus atau lokasi perkantoran namun harganya tetap terjangkau. Jika memang kamu mencari hunian sementara yang tak jauh dari kampus atau tempatmu bekerja, lebih baik kamu cari infokost terlebih dahulu sebelum mencari info tentang apartemen.

Memang pada akhirnya pilihan ingin tinggal di apartemen atau di kost menjadi pilihan pribadi masing-masing orang. Namun, ada baiknya pertimbangan-pertimbangan di atas tadi dipikirkan. Jangan sampai hanya karena gengsi, kamu nekad tinggal di apartemen, padahal jaraknya jauh dari kampus dan biaya sewa per bulannya sangat tinggi. Pilihlah jenis hunian sementara yang kamu rasa akan membuatmu nyaman tinggal di kota rantau.

warna cat rumah, perpaduan warna, gambar rumah sederhana, Cat rumah minimalis, warna cat rumah minimalis, dapur minimalis, kombinasi warna cat rumah